Travel

Seoul Book Business Fair di Korea 2018

March 19, 2018

Pagi itu ponselku berbunyi dan telefon itu ternyata dari Personal Asistantku, “Kak… ada undangan Seoul Book Business Fair di Korea 2018” info Maulana dengan penuh semangat

“Ohh.. kapan?” jawabku singkat

“Tanggal 27 – 28 Febuary 2018” balas Maulana

“Cepet juga yah, males ahh..!” kataku

“Sayang loh kak, Tiket pesawat dan hotelnya sudah disiapkan  sampai dengan tanggal 1 Maret. Nanti kakak perginya sama mami aja…” lanjut Maulana.

Denger dari suara Maulana seakan memberi perintah dan dipikirnya Korea itu seperti aku naik bis dari rumah ke Plaza Indonesia, terus harus kembali sesegera mungkin. Are you kidding me Maulana?! Well… Tapi aku bersyukur punya asistant seperti Maulana yang baik dan setia. Oke… cerita tentang Perjalanan Seoul Book Business Fair di Korea dimulai.

Tanggal 25 Febuary malam aku dan mamaku sudah berkumpul di International Airport Soekarno Hatta. Kami naik pesawat Asiana Airlines dan penerbangan memakan waktu 7 Jam dari Jakarta – Korea. Jadi aku sampai di Incheon Airport keesokan paginya tanggal 26 Febuary. Well ini adalah pengalaman pertamaku ikut Seoul Book Business Fair. Pengalaman ini membuat aku belajar lagi akan apa yang aku kerjakan di GROWING PUBLISHING selama ini membuahkan hasil yang luar biasa. Ternyata negara-negara sangat peduli sekali akan perkembangan dan produksi buku, bagi mereka buku menjadi bagian yang sangat penting untuk pertumbuhan pendidikan penduduknya. Maka itu tidak heran jika negara Korea semakin maju karena mereka rajin membaca buku.  Acaranya Seoul Book Business Fair di Korea 2018 seru banget, karena pihak korea juga mengundang penerbit dari seluruh dunia. Selain menambah wawasan akan penerbitan dan buku, relasiku juga jadi bertambah.

Bersama salah satu penerbit korea dan adikku

Untuk acara Seoul Book Business Fair ini, pemerintah korea menempatkan kami di Conrad Hotel aku baru tahu bahwa itu hotel bintang 5 setelah hari ke-2. Hmm.. kebayang gak sih pemerintah mereka peduli banget. Aku berharap jika nanti ada Book Fair di Indonesia, mohon agar pemerintah Indonesia juga memberikan yang terbaik kepada para undangan karena kami diperlakukan dengan baik sekali.

Growing Publishing mendapat No. 4

Jadwalku selama 2 hari mengikuti Seoul Book Business Fair di Korea 2018 adalah bertemu dengan 19 Penerbit Korea untuk mengadakan kerjasama bersama dengan penerbit-penerbit di Korea. Dan aku didampingi seorang Translatorku yang kocak bernama Jun.  Terima kasih Tuhan untuk kesempatan yang telah Engkau berikan, sungguh merupakan pengalaman yang luar biasa untukku belajar.

ini video kegiatan aku selama mengikuti Seoul Book Business Fair di Korea 2018.

No Comments

Leave a Reply